Rabu, 20 Agustus 2008

TIGA MACAM SUPERHERO

Di dunia komik/film, ada 3 superhero terbesar saat ini: Superman (DC Comic), Batman (DC Com) dan Spider-Man (Marvel Comic), apalagi setelah franchisenya diangkat Hollywood. Taukah kamu kalo tiga superhero ini punya sumber kekuatan yang berbeda jenisnya? Yup, berdasarkan darimana dia ngedapetin kekuatan supernya, superpower dibagi jadi tiga macam. Apa aja tuh?

1. SUPERMAN --> BORN. Dia lahir dengan kekuatan super. Emang dari sononya. Emang bokap-nyokapnya superhero. Kekuatan super ada dalam DNAnya. Meski begitu, menurut cerita serial TV Smallville, ketika Clark Kent masih remaja, dia masih belum bisa mengontrol kekuatan supernya, dan dia harus terus belajar dan melatih kekuatannya. Contoh lainnya adalah para X-Men, Wonder Woman, Aquaman, Dash dan Violet anak pasangan Mr. Incredible dan Elastigirl, Robin.
Kita lahir dengan DNA superhero. [baca post ini]. Kita lahir dengan superpower. Kekuatan super untuk membela kebenaan, memerangi kejahatan dan melakukan kebaikan. We just don't realize it. Tuhan Yesus adalah superhero, He has superpower dan guess what: kita lahir dari Allah! "Setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa lagi; sebab benih ilahi tetap ada di dalam dia dan ia tidak dapat berbuat dosa, karena ia lahir dari Allah." (I Yohanes 3:9). Kita punya DNA Allah. Superpower ada dalam darah kita.

2. BATMAN --> BUILD. Dia lahir sebagai orang biasa bahkan punya banyak masalah, tapi dengan bekerja keras ia menjadi kaya dan bisa membangun sarana dan teknologi untuk menunjang kekuatan supernya. Iapun harus melatih otot, skill dan mentalnya agar mampu memberantas kejahatan. Dia harus berjuang untuk mendapatkan 'kekuatan super'nya. Contoh lainnya adalah IronMan, Captain America, Green Lantern, Green Arrow, dan Wolverine.
Ya kita punya DNA Tuhan. Tapi kekuatan super itu hanya akan muncul jika dilatih. Apalagi setelah kita tau kalo sejak Adam Hawa kita telah kehilangan sebagian besar kekuatan itu. Latih badan kita, kuasai agar dia mau tunduk pada roh kita. Latih pikiran kita agar sejalan dengan apa yang didingankan Tuhan, dan terlebih latih roh kita agar kuat melawan yang jahat.
"Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak." (I Korintus 9:27)
"Maksudnya hanyalah, supaya keturunan-keturunan orang Israel yang tidak mengenal perang yang sudah-sudah, dilatih berperang oleh TUHAN." (Hakim-hakim 3:2)


3. SPIDER-MAN --> INSTANT. Gara-gara kecelakaan, dia jadi punya kekuatan super. Gara-gara disengat laba-laba, Peter Parker jadi kuat dan bisa nempel di dinding. Contoh lainnya: The Flash, Gundala, Fantastic Four, Hulk, dsb.
Kita juga punya superpower yang instan. Namanya karunia. Kita gak bisa memilihnya, dia yang memilih kita. Karunia itu diberikan pada kita untuk melayani. Sama seperti seorang superhero yang punya tanggungjawab menggunakan superpowernya untuk kepentingan banyak orang, demikian juga karunia yang Tuhan berikan harus kita gunakan untuk melayani orang lain. Menurut Erik Rees dari tim Purpose Driven Life, karunia rohani adalah sebuah kemampuan khusus yang diberikan oleh Tuhan, diberikan pada setiap orang percaya oleh Roh Kudus, untuk membagikan kasihNya dan memperkuat tubuh Kristus. [Baca tentang karunia di GFRESH!].
“Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah.” (1 Petrus 4:10). www.kacamata3d.blogspot.com

3 komentar:

Yudhi Gejali mengatakan...

tampaknya anda penggemar Super Hero yaa...

Banyak banged artikel tentang superhero dan dikaitkan dengan Nilai-nilai kebenaran.
Dan memang adanya benar demikian.

Bersyukur masih banyak nilai-nilai kebenaran yang ditunjukkan oleh film2 Holywood sekarang ini.

Ga tau deh kedepannya gimana.

nancy mengatakan...

very good insight
"there is a hero lies in you" kata Maria Carey.

Manik mengatakan...

GatotKoco koq ga masuk kategori SuperHero yah? :D