Sabtu, 21 November 2009

Kamis, 17 September 2009

I. LUCIFER

Namaku Lucifer.
Kau boleh memanggilku Penguasa kerajaan Angkasa (Efesus 2:2), Penghulu-penghulu (penguasa) dunia yang gelap (Efesus 6:12), Penguasa dunia (Yohanes 12:31), Penghulu setan (Matius 12:24), Ilah zaman ini (II Korintus 4:4), Malaikat terang (II Korintus 11:14), Ular tua (Wahyu 12:9), Lawan / musuh (I Petrus 5:8), Pendakwa (Zakharia 3:1), Pencoba (Matius 4:3), Pembunuh (Yohanes 8:44), Pencuri (Yohanes 10:10).

Tadinya aku diciptakan sebagai malaikat Tuhan yang paaa..aling indah. Mikael dan Gabriel, dua malaikat tertinggi temanku itu? Lewaaaat!

Dulu aku tinggal di surga dan pekerjaanku membosankan: memuji dan melayani Yang Mahatinggi. Buat apa? Kenapa bukan aku aja yang dipuji? Aku bosen jadi pelayan! Aku bisa menyamaiNya! Aku Son of the Morning, Bintang Fajar, “...Aku hendak naik ke langit, aku hendak mendirikan takhtaku mengatasi bintang-bintang Allah, dan aku hendak duduk di atas bukit pertemuan, jauh di sebelah utara. Aku hendak naik mengatasi ketinggian awan-awan, hendak menyamai Yang Mahatinggi!” (Yesaya 14:13-15)

Dan apa yang kudapat? Tuhan membuangku ke bumi! “How art thou fallen from heaven, O Lucifer, Son of the Morning! How art thou cut down to the ground, which didst weaken the nations!” (Yesaya 14:12 KJV), itu kata Tuhan. “...ke dalam dunia orang mati engkau diturunkan, ke tempat yang paling dalam di liang kubur. Orang-orang yang melihat engkau akan memperhatikan dan mengamat-amati engkau, katanya: Inikah dia yang telah membuat bumi gemetar, dan yang telah membuat kerajaan-kerajaan bergoncang,..” (Yesaya 14:14-16). “...Engkau sombong karena kecantikanmu, hikmatmu kaumusnahkan demi semarakmu. Ke bumi kau Kulempar, kepada raja-raja engkau Kuserahkan menjadi tontonan bagi matanya.” (Yehezkiel 28:13-17). Aaaarrggh!!

KataNya, aku sombong!? Lihat siapa yang sombong sebenarnya! Kalian, manusia hina ciptaan Dia sendiri! Hina tapi ingin jadi mulia! Kenapa aku yang cantik Dia buang sementara manusia lemah seperti kalian dikasihiNya?! Planet yang nggak Dia sukai Dia hancurkan. Malaikat yang jatuh Dia usir. Tapi kalian? Apa yang membuat kalian spesial di mataNya? Kenapa ketika kalian jatuh dalam dosa, Tuhan sendiri yang turun menyelamatkan? (Yohanes 3:16). Kenapa ketika kalian terhilang, Dia susah payah mencarinya? (Lukas 15:4). Kenapa banyak dari kalian yang menolakNya dan Dia tetap mengasihi kalian? (2 Timotius 2:13). Kenapa kalian Dia lindungi, emangnya kalian biji mataNya? (Zakharia 2:8). Kenapa kalo kalian mengaku dosa, Dia jadi pelupa, kenapa Dia lupa dosa-dosa kalian yang bejat itu? (Yesaya 43:25). Kenapa?!

Aku benci kalian! Kalian mengingatkanku pada Yang Mahatinggi! Muka kalian serupa denganNya. (Roma 8:29). Aku benci. Seumur hidupku aku akan berusaha melawan dan menipu kalian.

Kalo aku disuruh bersyukur, hanya satu hal yang akan kusyukuri... Bahwa kalian gak sadar kalo sejak 2000 tahun lalu Yesus udah membinasakan aku (1 Yohanes 3:8), aku sudah kalah dan dilucuti (Kolose 2:14-15), dan kalian berkuasa mengusirku (Markus 16:17). Hahahaha. Kutipu kalian semua. Aku mungkin ada di tim yang kalah, ...nggak apa-apa, asalkan aku berhasil membuat kalian bergabung di timku! Hahahahaha!

Akan kubuat kalian terus menerus menyalibkan Yesus dengan dosa kalian! (Ibrani 6:6). Akan kusebarkan ajaran-ajaran yang membelokkan kalian dari ajaranNya (1 Timotius 4:1-2) dan kusesatkan kalian (Wahyu 12:9-10). Pujalah aku, aku akan kuhadiahi kalian neraka. Bencilah aku dan akan aku hajar kalian saat kalian lengah. Bertemanlah denganku dan akan kukhianati kalian!

Kalian mau melayani Tuhan? Boleh, tapi layani aku juga! (Lukas 16:13). Berdoa? Baca Alkitab? Berbuat baik? Rajin ikut persekutuan? Boleh, tapi jangan lupa untuk mengabaikan keadilan dan kasih Tuhan (Matius 23:23) dan pastikan semua orang mengetahuinya dan memujimu habis-habisan (Matius 6:5). Akan kubuat kalian tau berbuat baik tapi tidak melakukannya! (Yakobus 4:17). Akan kubuat kalian merasa sibuk untuk Tuhan padahal nggak melakukan kehendakNya! (Matius 7:22).

Ya, aku tau suatu saat aku akan diikat sampe seribu tahun, tapi tunggu saja kalo saatnya aku dilepaskan, akan kubuat kalian menderita! (Wahyu 20:1-3). Memang pada akhirnya aku akan tinggal di neraka selamanya (Wahyu 20:10 dan Matius 25:41), tapi itu justru membuatku semakin ingin membawa kalian sebanyak-banyaknya! Hahaha, temani aku menderita disana!

I, Lucifer

------------
Naskah oleh Fery!
www.kacamata3d.blogspot.com
www.facebook.com/ferygfresh

ADD ME AS YOUR FRIEND:
www.facebook.com/fery10

Pliz kalo copy paste, sertakan sumber atau link penulisnya kayak diatas ya.

Sabtu, 01 Agustus 2009

HARRY POTTER: SESAT OR JURUSELAMAT?

Buku pertamanya terjual lebih dari 400.000.000 copy dalam 65 bahasa dan terus bertambah di seluruh dunia. Buku terakhirnya (seri 7) terjual lebih dari 11.000.000 copy hanya dalam 24 jam. Belum lagi keuntungan yang didapat dari film sekitar Rp. 41,35 trilyun melebihi keuntungan 22 film James Bond dan 6 film Star Wars disatuin! En diberitakan Harry Potter udah bikin pengarangnya, J.K. Rowling, lebih kaya dari Ratu Elizabeth II. Tapi, bukan itu yang kita (orang Kristen) ributkan dari Harry Potter! Dia udah bikin anak Tuhan terbagi dua: yang bilang Harry Potter sesat dan yang bilang dia juruselamat. (F! http://www.kacamata3d.blogspot.com/)

SESAT!
Mantra, sapu terbang, bola kristal, tingkat sihir, astral project, ramuan pengubah bentuk, dan segala macam bentuk sihir lainnya dalam serial Harry Potter diadaptasi dari dunia sihir sebenarnya. Beberapa cuma ngarang, tapi tak sedikit yang asli, mengingat J.K. Rowling menyandang gelar S2 dalam Mitologi yang juga mendalami seluk beluk dunia sihir secara teori. Dunia sihir yang jelas ditentang oleh Tuhan dalam Alkitab dijadikan tema utama dalam Harry Potter. Itulah yang bikin gerah sebagian kalangan Kristen. Ia membuat anak kecil dan remaja mengenal dunia sihir, menganggap sihir sebagai sesuatu yang keren, dan mengandalkan sihir yang instan buat menyelesaikan masalah.

Tapi yang paling ‘menyesatkan’ dari Potter adalah tak ada Tuhan atau kuasa yang lebih tinggi dari diri sendiri disana. Potter hanya mengandalkan nuraninya dan pilihan pribadinya. Ia menginspirasi anak-anak untuk mengandalkan diri sendiri, bahwa kekuatan ada pada diri sendiri.

Semangat fasisme juga kental dalam Harry Potter. Ada dua ras yang membedakan, ras penyihir yang unggul dan ras muggle (manusia biasa non penyihir) yang lebih rendah dan nggak punya keistimewaan. Dan itu didasarkan pada kelahiran, bukan pilihan. Satu ras menganggap ras lain lebih rendah kastanya. Ini cikal bakal yang bisa memicu kejahatan ras yang pernah terjadi di dunia kayak Klu Klux Klan, Nazi, Tutsi dan Hutu di Rwanda dsb.

Selain itu, adegan yang terlalu menyeramkan dan brutal berserakan disana. Menghisap darah, memotong anggota tubuh, perkelahian, sumpah serapah dengan mantera, dan sebagainya, dikuatirkan mengajarkan hal yang nggak baik bagi imajinasi anak dan remaja.

JURUSELAMAT!
Sementara itu kalangan satunya lagi bilang kalo Potter bisa membuat anak dan remaja mengenal Kristus dan kekristenan. Cerita Harry Potter sarat dengan analogi kekristenan. Mulai dari selamatnya bayi Harry Potter dari kutukan maut Voldemort yang mengingatkan kita pada bayi Yesus yang selamat dari pembantaian Herodes, sampai kepada kematian Harry (dan kebangkitannya kembali) di King’s Cross yang mengingatkan kita pada pengorbanan Yesus di kayu salib. Ia mengorbankan nyawanya agar dunia sihir terlepas dari kutukan sihir Voldemort, tapi kemudian cinta ibunya membuatnya bangkit kembali. Itu adalah simbol parsial kematian dan kebangkitan Yesus untuk menyelamatkan dunia dari kutukan dosa.

J.K. Rowling yang berjemaat di Gereja Scottish Episcopalian juga menyampaikan nilai-nilai kebaikan vs kejahatan, persaudaraan, cinta, kesetiaan, dan persahabatan. Potter mempunyai kasih yang besar, ia tetap mengasihi keluarga Malfoy yang membenci dia, dan kekuatan itulah yang juga mengalahkan Voldemort.

Selain itu, demam Harry Potter udah bikin anak-anak dan remaja rajin membaca dan terinspirasi buat menulis.

JANGAN LEBAY AH!
Nggak usah lebay (berlebihan)! Buat kita (orang Indonesia) Harry Potter hanyalah tokoh khayalan. Apa bedanya sama si Nenek Sihir yang bawa apel beracun dalam dongeng The Snow White? Kenapa Harry Potter dikecam karena dia seorang penyihir sementara Jin Lampu Alladin yang bisa memberikan apapun dengan sihirnya nggak diapa-apain?

Ya memang patut dimaklumi, soalnya Harry menjadi tokoh utama, dan sihir dijadikan cerita utama, dibandingkan penyihir kayak Peri Biru dalam Pinokio, Ibu Peri sihir dalam Cinderella, Gandalf dalam The Lord of The Rings, The Witch dalam Narnia, dan seterusnya. Di Amrik, Harry Potter memang perlu dikuatirkan mengingat budaya mereka akrab dengan wicca, sihir, penyihir, satanisme atau gereja setan. Tapi buat kita gak perlu kuatir karena kita (orang Indonesia) nggak akrab dengan yang namanya sihir dan penyihir seperti yang diceritakan dalam Harry Potter. Dibanding Harry Potter, tokoh fiksi yang perlu dikuatirkan di Indonesia adalah Suster Ngesot atau Pocong dan kawan-kawan karena mereka dipercaya ada oleh kita, atau Jaelangkung karena dimainkan oleh remaja kita. Harry Potter? Ah sama aja kayak Mickey Mouse waktu dia berlagak jadi penyihir Merlin dalam film Fantasia.

TETAP WASPADA
Kamu suka Harry Potter? Gak usah pusing ama kontroversi. Tapi kita harus tetep waspada, karena Harry Potter memang memperkenalkan sihir sebagai sesuatu yang modern en keren sekalipun dalam bentuk fiksi. Ya, Harry memang fiksi, tapi sihir itu nyata.

“Tetapi orang-orang penakut, orang-orang yang tidak percaya, orang-orang keji, orang-orang pembunuh, orang-orang sundal, tukang-tukang sihir, penyembah-penyembah berhala dan semua pendusta, mereka akan mendapat bagian mereka di dalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang; inilah kematian yang kedua." (Wahyu 21:8)


Menurut John Houghton, novel Harry Potter kurang baik dibaca oleh adik-adik kecil kita, hanya cocok buat anak diatas 11 tahun, apalagi mulai seri keempat, cerita Harry Potter makin bertambah ‘gelap’ dengan pertarungan yang baik dan yang jahat. Sebaiknya mereka diperkenalkan dengan cerita fantasi yang lebih ringan dan kental dengan kekristenan seperti The Chronicles of Narnia.

Buat kita, sebelum nonton or baca Harry Potter (atau film sejenis), sebaiknya tanyakan dulu beberapa hal berikut pada diri kita:

- Apakah kita kuat dalam firman Tuhan? Cintai, gali dan dalami Alkitab, sehingga kita tau mana yang bener dan mana yang salah. Nggak terombang-ambing dengan apa yang diceritakan novel/film. Misalnya, sekalipun sihir dijadikan alat kebaikan, firman Tuhan tegas mengatakan hal itu dosa.

- Apakah kita udah menyeleksi film-film yang akan kita tonton? Media (terutama audiovisual/film) akan dengan mudah membentuk pola pikir kita. Baca Matius 13:20-31. Terlalu banyak memasukkan sesuatu yang diragukan kebenarannya akan membuat ‘tanah’ dalam hati kita jadi ‘keras’ sehingga membuat benih firman Tuhan sudah tumbuh. Misalnya, ketika ada firman Tuhan yang bertentangan dengan nilai yang disampaikan dalam film, pikiran kita tanpa sadar akan menolaknya.

- Apakah kita udah kritis? Baca Roma 12:2. Renungkan, ambil pelajaran, diskusikan dan pertanyakan apa yang kita tonton. Misalnya, ketika Harry menyelesaikan setiap masalah dengan sihir apakah itu baik buat remaja? Ketika ada adegan memotong tubuh manusia buat dijadiin ramuan sihir itu pantas buat ditonton anak kecil? Dan sebagainya.

- Apakah kita selalu mengandalkan Tuhan lebih dibanding mengandalkan manusia? Baca Yesaya 31:1. Sekalipun Harry dengan kekuatan sihir dalam gen-nya membuat dia suka mengandalkan dirinya sendiri, jangan sampe kita juga ikut mengandalkan diri sendiri. Andalkan selalu Tuhan. (Yeremia 17:5).

- Apakah kita sudah intim dengan Tuhan? Baca Mazmur 25:12. Kalo kita bergaul dengan Tuhan, takut akan Dia, kita gak perlu lagi pusing apakah kita boleh nonton atau nggak. Kita bakalan tau sendiri dan Tuhan akan tunjukkan jalan yang lurus. Kita akan tau apa yang jadi kehendakNya buat kita dan apa yang baik buat kita sesuai firmanNya. Gak perlu lagi memusingkan diri sendiri dengan perkara duniawi.

HARRY PONARI
Taukah kamu, sejarah kelam kekristenan menorehkan kepahitan di kalangan ‘penyihir’ jaman dulu. Ayat di Keluaran 22:18 yang berbunyi “Seorang ahli sihir perempuan janganlah engkau biarkan hidup” pernah disalahtafsirkan dan membuat orang-orang yang ‘dicurigai’ sebagai penyihir dibakar hidup-hidup. Padahal hal itu bukanlah penyelesaian masalah. Yesus datang membawa penyelesaian. Ia membawa keselamatan, bukan hukuman. Penyihir atau orang yang terlibat okultisme bukanlah iblis yang perlu dibunuh, tapi justru untuk diselamatkan.

Selain itu, dunia perlu ‘penyihir-penyihir’. Masih ingat beberapa waktu yang lalu waktu seorang anak kecil bernama Ponari di Jombang, Jateng bikin histeria lantaran buka praktek ‘mujizat kesembuhan’? Massa berbondong-bondong dari segala penjuru karena mereka butuh ‘sihir’ buat menyembuhkan penyakitnya yang udah bikin mereka putus asa. Yesus datang membawa kesembuhan dan mujizat, dan Dia berjanji kalo kita bisa melakukan apa yang pernah Yesus lakukan bahkan lebih besar! Kitalah Harry Potter-Harry Potter-nya Tuhan, kitalah yang seharusnya jadi Ponari-Ponari-nya Tuhan. Menjadi jawaban bagi mereka yang membutuhkan. Menjadi penyembuh, menjadi pahlawan. Dengan begitu, dukun-dukun dan penyihir gak diperlukan lagi.

“Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu...” (Yohanes 14:12)

SEKILAS CERITA HARRY
Buat kita-kita yang agak-agak gak kenal sama Harry Potter, GF! bakal ceritain sekilas cerita Harry Potter dari awal sampe akhir.

Di dunia yang kita tinggalin sekarang ternyata ada juga penyihir. Para penyihir itu tinggal dengan cara menyamar. Nah, salah satu penyihir itu adalah James sama Lily Potter. Mereka berdua itu termasuk penyihir baik yang mau ngelawan penyihir jahat di bawah pimpinan Lord Voldemort.

Tapi mereka mesti menemui ajalnya di tangan Voldemort. Cuma sebelum mati, Lily sempat kasih mantera yang paling kuat yang bisa melindungi anaknya, Harry, dari serangan Voldemort. Gara-gara mantera Lily ini Harry selamat dari serangan Voldemort en Voldemort sendiri gak jelas nasibnya.

11 taun kemudian Harry udah gede, tapi dia gak pernah tau kalau dia itu penyihir atau cerita masa lalunya. Dia dititipkan ke paman bibinya yang bukan penyihir. Sampe suatu hari Harry dapat undangan buat sekolah di sekolah sihir Hogwarts, yang dulu jadi sekolahan ortunya.

Nah, mulai dari situlah petualangan Harry dimulai. Di Hogwarts dia kenal sama teman-teman barunya, Ron en Hermione. Bertiga mereka terlibat petualangan seru, berusaha menghalangi Voldermort yang berusaha bangkit en menguasai dunia lagi (sebenernya klise banget, ya).

Akhirnya setelah berjatuhan banyak korban selama 7 seri bukunya, Harry ketemu sama musuh besarnya, Voldemort di buku ke-7. Di pertarungan terakhir itu Harry menang. Tamat.

Selasa, 07 Juli 2009

GAK MIRIP KRISTUS

“Kalo Yesus ada di sini, apa kamu pikir Dia akan menunjukkan cintaNya padaku? Apa kamu pikir Yesus bakalan mencintaiku? Saya bukan orang kristen, tapi menurutmu apakah Yesus mencintaiku? Saya pikir Yesus akan duduk dan ngobrol denganku dan bertanya ‘kenapa kamu jadi begini?’, Yesus bakalan asik. Dia bakalan ngobrol denganku. Gak pernah ada satu orang kristenpun yang pernah melakukannya padaku, sekalipun atas nama Yesus. Mereka malah memasukkanku dalam penjara dan menulis hal-hal buruk tentangku, lalu pergi ke gereja dan berkata Yesus itu hebat!”


Panas kuping denger omongan Mike Tyson diatas? Gak usah panas en marah-marah, terima aja, soalnya dia ngomong kayak gitu lantaran salah kita-kita juga. Kita mungkin beragama kristen dari lahir, ataupun baru bertobat. Tapi kemudian kristen tinggal kristen, cuma status di KTP doang. Kelakuannya? Bikin Yesus malu kalo disebut sebagai orang kristen. Kristen nggak nyampe pada status ‘garam dan terang’. Kristen malah bikin malu Yesus.


“Kalo Yesus hidup jaman sekarang, satu hal yang Dia nggak mau adalah menjadi seorang Kristen” - Mark Twain


Tahun 2007 lalu, David Kinnaman nerbitin buku berjudul “UnChristian: What A New Generation Really Thinks about Christianity.” Dia nge-survey en nge-wawancarain orang-orang di Amrik yang bukan orang kristen atau nggak bergereja tentang apa yang mereka pikirin about christianity. Dia bilang, "Kebanyakan orang yang aku temui berpendapat bahwa orang kristen itu konservatif, sempit dalam pikirannya, antigay, pemarah, kasar, nggak logis, membangun kerajaannya sendiri; mereka ingin mengubah semua orang dan mereka gak bisa hidup damai dengan orang yang nggak percaya dengan apa yang mereka percayai.”


Apa yang ada dalam pikiran temen-temenmu yang non kristen waktu denger kata ‘orang kristen’? Hasil surveyku di facebook bilang: ‘sok suci’, ‘belagu’, ‘kuper’, ‘old-fashioned’, ‘munafik’, ‘suka menghakimi’ dan berbagai hal negatif lainnya. Kok bisa?


‘Agama’ Kristen berhenti di gedung-gedung gereja, yang megah tapi juga dingin dan angker. Saatnya kita gak terjebak dalam ‘agama’ tapi mulai berpindah pada ‘kerajaan’. Hanya Kerajaan Allah yang mampu berdampak menjadi garam dan terang.


Apa yang orang pikirkan tentang kekristenan itu adalah cerminan dari kekecewaan demi kekecewaan yang mereka dapatkan dari hubungan mereka dengan orang yang mengaku kristen. Tapi, kita-kita ini, generasi muda, bisa mengubahnya! Kita harus mencerminkan Kristus dengan utuh. Kayak Yesus, disukai Tuhan disukai juga manusia. Jangan sampe terdengar lagi kata-kata Mahatma Gandhi berikut:


“Aku suka Kristus. Tapi aku gak suka orang kristen. Orang kristen sama sekali gak mirip dengan Kristus.”

Kamis, 18 Juni 2009

Kamis, 14 Mei 2009

BAHTERA NUH DI HOLLYWOOD

Cerita Alkitab apa yang paling banyak menginspirasi film-film Hollywood? Jawabannya mungkin cerita Nuh dan bahtera-nya. Bencana alam terdahsyat yang pernah diceritain di Alkitab ini memang seru banget, sampe-sampe Hollywood beberapa kali mengangkatnya ataupun sekedar terinspirasi olehnya. SPOILER! (F! www.kacamata3d.blogspot.com)

KNOW1NG (2009)
Bahtera: pesawat angkasa


Buat kita yang akrab sama cerita Alkitab, mungkin film ini mengingatkan kita pada rapture atau pengangkatan karena ada ‘pengangkatan oleh UFO’ pada bagian akhirnya. Tapi sebenarnya cerita ini terinspirasi oleh cerita Nuh, ini diakui oleh Ryne Douglas Pearson (penulis skripnya). Bahkan awalnya tokoh utama film ini adalah seorang ayah bernama Adam dengan anaknya Noah (yang kemudian diganti namanya menjadi John dan Caleb). John/Adam menggambarkan orang yang tertinggal dan Caleb/Noah menjadi orang yang masuk dalam bahtera (spaceship/UFO) pada saat bencana kiamat terjadi.

Nggak kayak film-film ‘kiamat’ lainnya (misalnya Armageddon, The Day After Tommorow, The Day The Earth Stood Still, dsb), kiamat dalam film Know1ng gak bisa dicegah sama si manusia. Letupan api matahari yang membakar seluruh bumi menghanguskan semua yang ada di permukaan bahkan sampai ke lapisan dalam bumi. Film ini sukses membuat penontonnya berpikir tentang sebuah kekuatan maha dahsyat yang gak bisa dilawan oleh otak dan otot manusia, dan bahwa suatu saat akan tiba waktunya manusia akan menyerah pada kekuatan absolut itu, yakni Tuhan.

THE DAY THE EARTH STOOD STILL (2008)
Bahtera: kubah/bola raksasa UFO


Diceritakan jagat ini penuh dengan planet-planet berpenghuni, salah satunya bumi. Dan ada satu ‘penguasa jagat’ yang bertugas melindungi planet-planet ini, secara berkala mereka memeriksa dan memulihkan planet yang rusak dengan berbagai cara. Suatu saat, tibalah ‘penguasa’ ini ke planet bumi, mereka menilai planet bumi ini sudah rusak, dan penyebab utamanya adalah manusia. Maka diambil keputusan untuk memusnahkan manusia, menyelamatkan berbagai spesies binatang, dan membangun kembali spesies baru yang dianggap bisa memelihara kelestarian bumi. “If the earth dies, humans die. If humans die, the earth lives,” ujar Klaatu, si alien yang bertugas bernegosiasi dengan pemimpin bumi.

Film ini memang bukan film rohani, tetapi menceritakan kembali cerita bahtera Nuh. Ketika manusia secara umum merusak bumi, gak ada cara lain selain memusnahkan spesies perusak ini. Tapi kiamat batal terjadi, ketika manusia menunjukkan sikapnya untuk berubah.

EVAN ALMIGHTY (2007)
Bahtera: perahu raksasa yang dibangun oleh Evan


Tuhan kembali datang mencari hambaNya untuk menyampaikan pesan pada umat manusia. Kini ia menjatuhkan pilihan pada Evan Baxter, seorang calon pejabat yang lagi seru-serunya berkampanye dengan slogan ‘mengubah dunia’. Kini Tuhan menantangnya untuk mengubah dunia dengan menyuruh Evan membangun sebuah bahtera raksasa dan menyelamatkan binatang-binatang dari air bah!

ICE AGE 2: MELTDOWN (2006)
Bahtera: batang kayu raksasa yang tumbang


Tiga sekawan hewan jaman es (Sid, Manny dan Diego) menghadapi ramalan akan adanya banjir besar yang melanda kawasan es gara-gara global warming masa itu. Mereka dan kawanan binatang lainnya harus mengungsi dan mencari sebuah bahtera (berupa batang pohon raksasa yang tumbang) agar dapat selamat dari air bah.

DEEP IMPACT
Bahtera: Gua bawah tanah


Sebuah meteor mengarah menuju bumi dan akan menghancurkannya. Presiden Amrik akhirnya melancarkan ‘Operation Noah’s Ark’ dengan memilih orang-orang yang bisa diselamatkan untuk masuk dalam sebuah gua bunker bawah tanah agar bisa bertahan hidup selama 2 tahun dari pasca bencana.

Film ini banyak sekali menggunakan simbol dan istilah Alkitab, misalnya kerap kali presiden Amrik mengutip ayat, lalu sebuah pesawat yang dinamai The Messiah (juruselamat) diluncurkan untuk menghambat laju meteor, dsb.

Jumat, 17 April 2009

WE ARE MONSTERS!















Spoiler allert!
Ketika Susan menemukan dirinya dalam sebuah ruangan yang ia sebut penjara, ia menemukan kalo dirinya sudah bukan lagi Susan yang dulu. Tubuhnya membesar 10 kali lipat gara-gara terkena radiasi quantium dari meteor nyasar. Ia menjadi raksasa, jadi monster.

Di ‘penjara’ itulah ia juga berteman dengan monster-monster lainnya: B.O.B., Dr. Cockroach Ph.D., Insectosaurus dan Missing Link. Ternyata penjara itu adalah ruangan fasilitas pemerintah Amrik untuk menyembunyikan monster-monster yang berkeliaran sejak 50 tahun belakangan ini. Nasib mereka berubah ketika ada ancaman serangan alien di muka bumi, para monster ini diberi kesempatan untuk bebas oleh pemerintah dengan syarat bisa mengatasi masalah alien ini.

Dalam menghadapi robot alien raksasa, Susan raksasa –yang kini berganti nama menjadi Ginormica- menemukan bahwa ia punya kekuatan luar biasa yang sebelumnya nggak pernah ia bayangkan. Ginormica yang tadinya ciut melihat robot alien yang kuat dan besar, kini merasa bisa menghadapi alien manapun!

Hal ini mengingatkan kita pada penyertaan Tuhan dalam menghadapi serangan masalah. Kita adalah ‘Susan biasa’, tapi ketika radiasi quantium melingkupi kita, kita menjadi ‘raksasa’. Quantium bagi Susan adalah lambang Roh Tuhan bagi kita. Ingatlah, kalo Roh Tuhan ada dalam kita, kita menjadi ‘raksasa’ di hadapan musuh kita, di hadapan segala masalah kita. “...sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia.” (I Yohanes 4:4b).

Kalo kita melihat Daud kecil waktu berhadapan dengan raksasa Goliat, dalam dunia roh ukurannya jadi terbalik. Kita akan melihat raksasa Daud melawan kurcaci Goliat. Daud tau kalo Tuhan besertanya, dan ia mengerti kalo Tuhan lebih besar daripada Goliat, bahkan lebih besar daripada apapun! “...Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?” (Roma 8:31b). Jadi stop merengek sama Tuhan: ‘Oh Tuhaaaaan, masalahku gede bangeeeet!’, tapi ayo teriakan: ‘Hai masalah, Tuhanku gede bangeeeet!’.

Kembali pada Susan. Sekalipun sebagai Ginormica ia menemukan hidup dan kekuatan baru, ia harus kehilangan pacar, ortu dan teman-temannya. Bahkan orang-orang yang ia pernah selamatkan dari serangan robot raksasa nggak lagi mau menerimanya. Ya, kadang kita harus menerima kenyataan bahwa kita berbeda dengan dunia sehingga dunia nggak mau menerima kita dan menolak kita. “Berbahagialah kamu, jika karena Anak Manusia orang membenci kamu, dan jika mereka mengucilkan kamu, dan mencela kamu serta menolak namamu sebagai sesuatu yang jahat.” (Lukas 6:22).

Bagi dunia, kita dianggap aneh, nggak normal, bahkan jahat. Tapi Tuhan bilang bertahanlah dan justru berbahagialah. “Lihatlah, betapa besarnya kasih yang dikaruniakan Bapa kepada kita, sehingga kita disebut anak-anak Allah, dan memang kita adalah anak-anak Allah. Karena itu dunia tidak mengenal kita, sebab dunia tidak mengenal Dia.” (I Yohanes 3:1). Tetap lakukan misi penyelamatan, jangan balas kejahatan dengan kejahatan, dan buktikan pada dunia kalo bersama Tuhan kita bisa lebih baik.

Sekalipun kemudian Susan berkesempatan buat kembali menjadi Susan yang normal, ia menyadari kalo menjadi Ginormica ia lebih bahagia dan berguna. Bagi dia masa lalunya nggak penting lagi. Kadang kita tergoda akan hidup kita yang lama, sebelum kita mengenal Kristus. Tapi yakinilah, semua itu sampah. Pengenalan akan Tuhan dan gaul ama Yesus itu lebih berharga daripada apapun di dunia ini. Kayak yang Paulus rasakan:

“Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus.” (Filipi 3:8).

Ginormica dkk akhirnya mengemban tugas dari pemerintah untuk melindungi bumi dari segala sesuatu yang mengancamnya, termasuk serangan alien. Mereka jadi heroes bagi dunia. Ya, kita adalah ‘monster’ yang menakutkan bagi dunia. Tapi buktikanlah kalo kita bisa jadi ‘monster’ yang dibutuhkan oleh dunia. (F! www.kacamata3d.co.cc)

Selasa, 31 Maret 2009

KASIHAN SAMA TUHAN

Aku kadang suka kasihan ama Tuhan. Heh?

Budi (sebenernya namanya bukan Budi, tapi kasian kalo disebutin disini, hehe), temenku dulu di gereja. Suatu kali aku mergokin dia lagi nongkrong di luar ruang kebaktian pas khotbah berlangsung. “Lho, ngapain Bud?” tanyaku penasaran, “...bukannya dengerin khotbah, lu!”. Lalu dia jawab dengan santai, “Ah, males dengerin khotbahnya si Pak Juned (bukan nama sebenarnya juga). Soalnya gue tau kehidupannya dia kalo di rumah, gue kan tetanggaan ama dia! Munafik semua yang dia khotbahin! Khotbahin aja diri dia sendiri!”.

Dulu, kalo pendeta lagi khotbah, pikiranku suka mikirin khotbahnya dia. Tapi bukannya mikir firman Tuhan, tapi aku malah mikir kayak gini, “Ah, salah tuh apa yang dikatakan si Pak Pendeta!” atau “Ah, khotbahnya garing, bikin ngantuk!”.

Lalu aku mikir. Aku jadi kasihan sama Tuhan. Seharusnya waktu kebaktian, praise and worship, dengerin firman Tuhan, maka hati dan pikiran kita tertuju pada Tuhan Yesus. Mungkin waktu bernyanyi kita jadi inget Yesus yang udah baik sama kita. Atau waktu khotbah kita diingetin buat bersyukur sama Tuhan, dsb. Pokoknya kita menyembah Tuhan. Kita inget sama Tuhan. All about Jesus. Tapi kenyataannya, kita malah mikirin diri sendiri yang keki sama pengkhotbah atau WL-nya, atau mikirin khotbahnya yang menurut kita boring abis sampe pengen bersin. Tuhannya dilupain. Kasihan ya Tuhan. Harusnya diagungkan, malah dikucilkan.

Sejak itu saya bertobat. Fokus pada Yesus. Yesus bisa bicara pada kita sekalipun lewat pendeta mungkin kita tau kehidupannya bobrok en munafik. Yesus bisa mengurapi WL yang diluar suka ngejelekin kita. Yesus bisa menegur kita lewat temen en saudara seiman kita yang kita benci. Fokus pada Tuhan. Kasihan dong Tuhan kalo kita malah menomorduakan Dia, tuk gak?

Jumat, 20 Februari 2009

SUKARELA - RIHANNA ROHANNI

Kalo kamu suka video ini, en punya facebook, pliz komen di sini, biar pecah rekor komen terbanyak di facebook, wekekekeke.

Selasa, 17 Februari 2009

TWILIGHT, ROMANTISME DAN VAMPIR

Jiwanya terkutuk, milik neraka. Tampangnya menyeramkan, pucat, gigi bertaring penuh darah, mirip monster. Tapi vampir masa sekarang... ganteng bangeeeet!!!!



NOVEL
Kita bisa menemukan novel ini di konter best seller. Udah ada tiga buku, menyusul buku keempat. Buku pertamanya bikin fenomena, soalnya cerita hantu bisa bikin berbunga-bunga! Twilight adalah seri pertama dari buku karangan Stephenie Meyer, seorang ibu yang menganut ajaran gereja Mormon. Ia pernah mengaku mendapatkan inspirasi menulis buku ini setelah didatangi sesosok vampir dalam mimpinya. Latarbelakang ajaran Mormonnya (yang terkenal bermoral tinggi) pun tertuang dalam cerita Twilight. Tapi selain itu, simbol-simbol kristen juga ia paksain masuk. Misalnya sebagai ilustrasi cover novelnya ia menggunakan buah apel (melambangkan buah pengetahuan yang baik dan yang jahat) dengan kutipan dari Kejadian 2:17 tertulis di bagian awal novelnya.

ROMANTISME
Adik cewek saya bilang, “so sweeeettt!”. Sepupu cewek saya ngomong, “cowoknya cakep bangeeeet!!”. Dan hampir semua temen cewek saya yang baru keluar bioskop ngaku kalo si Edward (tokoh cowoknya) itu ganteeeeeeeeeng bangeeeet!!!! Padahal waktu aku nonton, pas Edward pertama kali nongol, cowok di sebelah aku nyeletuk ‘ih mukanya kayak setan!’. Hahaha, jadi pengen ketawa saya dengernya.

Ya, Twilight memang film cewek banget. Berbeda ama film vampir lainnya yang kebanyakan serem en penuh laga pertarungan yang disukai cowok (Dracula, Van Helsing, I Am Legend, dsb), Twilight diangkat dari novel romance, hanya saja dengan setting kehidupan vampir.

Isabella Swan (Kristen Stewart), gadis remaja yang tertutup dan selalu merasa gak nyambung dengan teman-temannya. Lantaran nyokapnya harus keluar kota bersama suami barunya, Bella sementara waktu tinggal bersama bokapnya di kota Fork yang selalu mendung tanpa cahaya matahari. Hidupnya berubah pas ketemu ama Edward Cullen (Rob Pattinson) yang kemudian diketahui adalah seorang vampir! Bella dan Edward jatuh cinta dan bam! cinta ‘terlarang’ pun terjadi.

Terlepas dari keberatan-keberatan kita (terutama kalangan rohaniwan) akan Twilight karena mengangkat sosok iblis vampir sebagai peran utama , Twilight nggak lebih kayak cerita superhero. Lalu kenapa Twilight disukain banyak cewek? Kenapa kayaknya semua cewek pengen jadi Bella, dan punya pacar kayak Edward? Karena cerita dalam Twilight mengumbar romantisme dan harapan serta fantasi seorang cewek.

"I don't have the strength to stay away from you anymore," Edward tells Bella. "Then don't," she says. Betapa tidak: Bella sangat diperhatikan Edward. Edward protektif (melindungi) terhadap Bella. Edward sangat setia pada Bella. Bukankah itu yang diimpikan cewek? So, buat cowok... belajar dari Edward dong. Tapi bukan berarti jadi vampir ya. Hehe. (baca ‘Kenapa Cewek Suka Twilight)

GODAAN
Selain romantisme, berikut hal yang kita bisa tarik pelajaran dari cerita Twilight:

Edward Cullen adalah seorang pemuda yang bergelut dengan godaan: godaan seks dan membunuh. Ia berjanji untuk tidak melakukan keduanya. Ia berkomitmen, bertahan, berjuang dan menang.

“Berjaga-jagalah, dan berdoalah supaya kalian jangan mengalami cobaan. Memang rohmu mau melakukan yang benar tetapi kalian tidak sanggup, karena tabiat manusia itu lemah." (Matius 26:41 BIS). Kadang kita suka sok jago dengan masuk ke dalam pencobaan dan berdoa meminta kemenangan atasnya, tapi firman Tuhan bilang ‘jangan sampe kita mengalami pencobaan!’. Jauhi pencobaan, jauhi godaan, dan kita sudah menang.

Tapi sebaliknya dengan Bella. Edward yang merasa ditakdirkan untuk masuk neraka (karena ia seorang iblis) nggak mau membawa-bawa Bella ke dalam kutukannya. Tapi hanya karena jatuh cinta, Bella rela menyerahkan jiwanya dan kegadisannya pada Edward. Keluarga Cullen sangat menghargai ‘nyawa/jiwa’ manusia, mereka hanya mengubah manusia menjadi vampir jika sudah gak ada pilihan lain. Karena itulah Edward gak mau mengubah Bella menjadi vampir, karena menurut dia Bella masih punya pilihan yang lebih baik.

Belajar dari si Bella yang rela menukarkan jiwanya, kadang kita bersikap sama dengan Bella. Kita menukarkan jiwa kita dengan keinginan duniawi atau dengan tawaran iblis. Jiwa kita yang sudah ditebus Yesus dari dosa, malah kita gadaikan lagi hanya karena kesenangan sesaat. “Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya?” (Matius 16:26).

ABU-ABU
Keberatan-keberatan kalangan rohaniwan terhadap novel (dan film) ini adalah karena tokoh utamanya adalah vampir. Vampir adalah sosok mitos atau dongeng yang berwujud manusia yang sudah mati dan menyerahkan jiwanya pada iblis sehingga iblis menguasai tubuhnya. Ia hanya minum darah manusia dan nggak bisa mati kecuali ditusuk pada bagian jantungnya atau ditembak dengan peluru timah (baca: Vampir dan Yudas Iskariot). Menurut mitos, vampir takut pada bawang, salib, air suci dan cahaya matahari. Dan katanya ia tidak bisa terlihat di cermin.

Tapi, penulis jaman sekarang (terutama penulis hollywood) seneng banget mengubah yang ‘putih’ atau yang ‘hitam’ jadi ‘abu-abu’. Lihat aja Superman, Batman dan Spider-Man yang tadinya ‘putih’ alias tokoh baik dibuat manusiawi en punya sisi ‘hitam’. Demikian juga sebaliknya, kayak Hellboy (anak iblis yang jadi pahlawan), Spawn (agen iblis yang jadi superhero), Harry Potter (penyihir baik hati), Blade dan Angel (vampir yang membela kebenaran) dsb. Stephenie Meyer pun kayaknya gak mau ketinggalan, karakter yang selalu diceritakan jahat kini ia ubah menjadi pahlawan. Karakter yang tadinya menakutkan, ia ubah jadi seksi. Meski menurut saya rasanya rada maksa demi ngepasin dengan cerita, perhatiin beberapa perubahan yang ia buat terhadap mitos vampir:

- Menurut dongeng, vampir membunuh manusia dan minum darahnya. Tapi Keluarga Cullen menyebut diri mereka vegetarian, alias gak minum darah manusia, hanya darah hewan.
- Menurut dongeng, vampir termasuk maniak seks, ia mencari darah gadis dan menjadikannya istrinya. Tapi Edward berkomitmen gak mau melakukan seks sebelum menikah.
- Menurut dongeng, vampir takut bawang. Tapi di sekolah, Edward dan Bella mempelajari bagian-bagian bawang.
- Menurut dongeng, vampir mati kalo kena sinar matahari. Tapi, Edward gak mau kena sinar matahari lantaran kulitnya entar jadi keliatan cantik berkilauan (yang ini maksa banget!).
- Menurut dongeng, vampir tidur di peti mati di ruang bawah tanah. Api Keluarga Cullen tinggal di pegunungan tinggi dengan tembok kaca tembus pandang terang benderang dan gak pernah tidur.
- Menurut dongeng, vampir takut salib. Tapi di ruang tamu rumah Edward ada hiasan salib yang sangat besar tergeletak.
- Menurut dongeng, vampir gak punya bayangan di cermin. Tapi Edward dan James bertarung di ruang latihan balet yang dikelilingi cermin.

Selain itu, Stephanie juga menambahkan kemampuan-kemampuan super pada vampir seperti bisa membaca pikiran, kekuatan super dan kecepatan super. Jadilah vampir semacam superhero, bahkan Bella curiga kalo Edward itu digigit laba-laba super atau dari planet Krypton.

Ada efek positif dan negatif dari ‘pemutihan’ atau ‘peng-abu-abu-an’ karakter jahat di hollywood saat ini:

Positif:
Dalam kehidupan nyata, nggak ada manusia yang 100% jahat atau 100% baik. Hidup gak kayak di sinetron, dimana mertua pasti jahat sejahat-jahatnya. Seorang copet pun punya hati nurani yang kadang akan mendorongnya berbuat baik. Bahkan kita bisa belajar sesuatu dari seseorang yang biasa dianggap jahat. Dan orang yang ‘jahat’ justru perlu diberi belas kasihan dan kesempatan untuk berubah. Selain itu kita belajar untuk nggak berburuk sangka atau menghakimi orang lain, karena mungkin ada maksud yang baik dari siapapun orang itu.

Negatif:
Firman Tuhan selalu tegas kalo udah menyinggung tentang dosa, iblis dan apa yang dilarang oleh Tuhan. Cerita fiksi dalam film sekarang bisa membuat kita jadi memaklumi dosa, mengasihani atau bahkan memuja iblis, dan menganggap baik apa yang dilarang Tuhan. Sadar atau gak sadar. Lambat ataupun cepat.

Penggemar Harry Potter mungkin bakalan mencak-mencak kalo dituduh udah menyembah iblis, tapi tanpa sadar banyak dari mereka menganggap praktek okultisme yang dilarang Tuhan adalah sesuatu yang keren atau setidaknya sesuatu yang biasa. Pengagum Edward Cullen mungkin bilang kalo ia cuma kesengsem sama gantengnya, tapi tanpa sadar ia menganggap karakter iblis itu sooooo hot en sexy en ujungnya kesel kenapa pacarnya gak jadi vampir.

VAMPIR DAN YUDAS ISKARIOT
Taukah kamu, kalo dongeng mitos tentang vampir dekat sekali dengan kekristenan? Itu karena memang iblis adalah penjiplak ulung. Tujuannya ialah ia pengen menyamai Tuhan atau ingin mempermainkan hal yang dianggap sakral oleh Tuhan.

“Sesudah itu Ia mengambil cawan, mengucap syukur lalu memberikannya kepada mereka dan berkata: "Minumlah, kamu semua, dari cawan ini. Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa.” (Matius 26:27-28)

Perjamuan suci adalah hal yang sakral bagi umat Kristen. Melambangkan perjanjian Tuhan dengan manusia untuk pengampunan dosa. Murid-murid Yesus (termasuk kita sekarang) diminta untuk selalu mengingat akan pengorbananNya dan janjiNya di masa yang akan datang agar kita mendapatkan hidup yang kekal.

Hal ini ditiru habis-habisan oleh iblis dengan menciptakan karakter en legenda vampir, sehingga muncullah ide gila berikut:

1. Katanya Yesus adalah vampir pertama, karena Ia meminta murid-muridNya meminum darahNya untuk mendapatkan immortality, hidup kekal. Iblis menjadikan karakter Yesus hanyalah mitos, sama dengan vampir yang hanyalah mitos. Iblis membuat Yesus dan murid-muridnya nggak beda dengan legenda predator haus darah.

2. Yudas Iskariotlah yang katanya sang vampir pertama. Cerita ini pernah diangkat dalam film Dracula 2000. Karena merasa bersalah telah menjual Yesus dengan 30 uang perak, Yudas menyerahkan dirinya pada iblis dan bunuh diri. Lalu ia berubah menjadi vampir yang haus akan darah tapi takut sama salib (karena rasa bersalah) dan peluru perak (30 uang perak).

3. Katanya Kain (anak pertama Adam)-lah yang menjadi vampir pertama. Karena ia menumpahkan darah adiknya (dan katanya meminum darahnya dimana di dalam darahnya ada nyawa manusia).

Yang lebih gila lagi, kok ada aja yang percaya! (F! www.kacamata3d.blogspot.com)

Kamis, 12 Februari 2009

JATUH CINTA

Jatuh cinta

tak kenal usia

tua muda

janda dan duda

setiap orang

pasti merasakan

jatuh cinta.



Itu kata Baron Soulmate. Ya, setiap orang pasti pernah merasakan jatuh cinta, bahkan berkali-kali. Katanya orang rata-rata jatuh cinta setidaknya 7 kali sebelum akhirnya dia memilih untuk menikah. Dan buat kita, setelah menikah harus terus jatuh cinta, tapi tentunya pada orang yang sama dong, hehe.

Jatuh cinta nggak sama dengan cinta sebenernya lho, lantaran ternyata jatuh cinta itu dipengaruhi hormon. Hormon itulah yang bikin kita jadi orang ‘aneh’. Misalnya, cowok yang biasanya gak toleran terhadap sifat cewek bisa tiba-tiba ngerti banget ceweknya, juga sebaliknya. Aneh kan? Ternyata menurut para ilmuwan di Italia yang melakukan penelitian terhadap 12 pria dan 12 wanita yang lagi jatuh cinta dalam kurun waktu 6 bulan, ditemukan kalo para cowok menurunkan kadar hormon testosteronnya. Tapi sebaliknya si cewek meningkatkannya. "Pria, dalam beberapa hal, menjadi lebih seperti wanita, dan wanita menjadi lebih seperti pria," kata Donatella Marazziti dari University of Pisa kepada majalah New Scientist. "Dalam keadaan jatuh cinta, tubuh manusia secara alamiah seolah-olah ingin menghapuskan perbedaan antara pria dan wanita, agar hubungan bisa bertahan."

Memang aneh. Bahkan Salomo yang penuh hikmat itu juga sampe bingung, “Ada tiga hal yang mengherankan aku, bahkan, ada empat hal yang tidak kumengerti: jalan rajawali di udara, jalan ular di atas cadas, jalan kapal di tengah-tengah laut, dan jalan seorang laki-laki dengan seorang gadis.” (Amsal 30:18-19).



Happy Valentine Day!

Selasa, 06 Januari 2009

KENAPA CEWEK SUKA TWILIGHT? (TIPS BUAT COWOK)

Adik cewek saya bilang, “so sweeeettt!”.
Sepupu cewek saya ngomong, “cowoknya cakep bangeeeet!!”.
Istri saya nekat nonton sendiri buat yang kedua kalinya en says “romantisss abiiiiiss!”.
Dan hampir semua temen cewek saya yang baru keluar bioskop ngaku kalo si Edward (tokoh cowoknya) itu ganteeeeeeeeeng bangeeeet!!!!
Padahal waktu aku nonton, pas Edward pertama kali nongol, cowok di sebelah aku nyeletuk ‘ih mukanya kayak setan!’. Hahaha, jadi pengen ketawa saya dengernya.

Ya, Twilight memang film cewek banget. Berbeda ama film vampir lainnya yang kebanyakan serem en penuh laga pertarungan yang disukai cowok (Dracula, Van Helsing, I Am Legend, dsb), Twilight diangkat dari novel romance, hanya saja dengan setting kehidupan vampir.

Bella Swan gadis remaja yang tertutup dan selalu merasa gak nyambung dengan teman-temannya. Lantaran nyokapnya harus keluar kota bersama suami barunya, Bella sementara waktu tinggal bersama bokapnya di kota Fork yang selalu mendung tanpa cahaya matahari. Hidupnya berubah pas ketemu ama Edward Cullen yang kemudian diketahui adalah seorang vampir! Bella dan Edward jatuh cinta dan bam! cinta ‘terlarang’ pun terjadi.

Terlepas dari keberatan-keberatan kita (terutama kalangan rohaniwan) akan Twilight karena mengangkat sosok iblis vampir sebagai peran utama (baca postinganku tentang Twilight dan Kristen), Twilight nggak lebih kayak cerita superhero. Lalu kenapa Twilight disukain banyak cewek? Kenapa kayaknya semua cewek pengen jadi Bella, dan punya pacar kayak Edward? Karena cerita dalam Twilight mengumbar romantisme dan harapan serta fantasi seorang cewek.

Secara psikis, ada beberapa hal yang disukai atau dibutuhkan seorang cewek, ini dia 3 hal dari banyak hal tentang cewek buat cowok ketahui:

1. Cewek senang diperhatiin.
Sejak ketemu pertama kali, Edward gak bisa lepas memandangi Bella, campur aduk antara pengen nyedot darahnya dengan jatuh cinta. Edward selalu menguping pembicaraan Bella dengan temannya, menjagai jalannya agar Bella gak jatuh kesandung, sampe memperhatiin dia kalo pas lagi tidur! "I don't have the strength to stay away from you anymore," Edward tells Bella. "Then don't," she says.

Cewek senang diperhatiin. Cewek senang jadi pusat perhatian, setidaknya jadi pusat perhatian cowoknya. Cewek akan sangat merasa spesial kalo selalu mendapat perhatian dari cowoknya.

Begitu juga ama cewek kamu, hai cowok. Perhatian dari kamu sangat penting buat dia. Biarkan dia merasa spesial dengan kamu selalu memberi perhatian. Perhatian bukanlah soal hadiah, atau waktu untuk nemenin dia belanja. Lebih dari itu. Cewek tertarik sama cowok yang memberikan perhatian lebih padanya. Pokoknya bisa luluh deh hatinya, biarpun cowoknya bukan tipenya, bertampang pas-pasan, atau sederhana. Cobain deh kamu lakuin ini:

(a) Catat en pasang reminder tanggal-tanggal penting yang berhubungan dengan dia, misalnya ulang tahun, tanggal jadian, hari wisuda, valentine, pertama kali makan romantis bareng, dsb. Kejutkan dia dengan memberikan selamat atau kado kecil buat mengingat momen-momen yang seringkali gak diinget. Bikin dia merasa kamu betul-betul perhatiin dia!

(b) Kalo cewekmu harus pergi jauh, siapkan beberapa benda buat bisa nemenin dia, misalnya iPod, obat, snack. Tunjukkan kamu merhatiin dia. Jangan cuek, mau pergi.. ya pergi aja.

(c) Kalo dia lagi curhat, dengerin! Perhatiin matanya, jangan sambil nonton, baca buku atau melakukan hal lainnya, sekalipun kamu merasa kamu bisa mendengarkannya sambil melakukan yang lain. Tunjukkan perhatianmu. Nggak perlu repot buat ngasih solusi or nasehat, cukup dengerin.

(d) Kirim sms-sms singkat, ngingetin dia makan, ucapin selamat bobo, kalimat-kalimat romantis, pokoknya biar dia tau kamu inget terus ama dia.

(e) Kalo sampe dia terbaring sakit, sediain waktu buat nungguin dia, ambilin apa yang dia perlu, bawain cemilan, dsb.

(f) Sesekali korbankan hobimu untuk bisa bergabung dengan hobinya atau menemaninya seharian!

(g) Tunjukkan ketertarikan atas apa yang dia lakukan, tanyakan kabar kegiatan yang dia ikuti.

2. Cewek senang dilindungi
Belum satu minggu Bella ketemu ama Edward, dia udah dua kali diselamatkan olehnya. Pertama dari kecelakaan mobil dan kedua dari gerombolan penjahat. “I feel very protective of you” Edward says. Dan ketika Bella diancam oleh James si vampir jahat, Edward hanya bilang: "i will do whatever it takes to make you safe again."

“Aku suka sama laki-laki yang bisa membuat perasaan aman di hatiku”. Wuih, pacaran ama satpam aja, hehe. Sekalipun jaman emansipasi en banyaknya cewek yang mulai bisa berani menonjol, tapi jauh di lubuk hatinya tanpa sadar cewek butuh perlindungan. Dari jaman purba, cewek butuh cowok untuk melindunginya di saat mereka lemah, misalnya ketika mengandung atau melahirkan. Kecenderungan itu menetap dalam otak cewek. Makanya banyak cewek seneng denger dongeng Putri Viona yang diselamatkan Prince Charming dari kungkungan sang naga api.

Itulah juga sebabnya banyak cewek tertarik sama cowok yang punya pekerjaan mapan, kaya, berkuasa, berbadan besar en kekar, karena mereka dianggap bisa melindunginya. Selain itu, cewek juga tertarik sama cowok yang punya potensi untuk melindungi sekalipun belum tercapai, misalnya tertarik pada cowok yang kuliah di tempat yang bergengsi, atau cowok yang optimis karena berpeluang sukses lebih besar.

So, here are some tips for you guys!
(a) Tunjukkin kalo kamu gak bakalan menyakiti dia, jangan sekali-kali melakukan kekerasan sekecil apapun, hal itu akan membuatnya merasa tak terlindungi. Jadilah cowok yang baik hati, sehingga cewek kamu merasa aman, gak bakalan disakiti fisik maupun hatinya.

(b) Jadi cowok smart dan optimis, biar potensi kesuksesan ada padamu en terlihat oleh cewekmu.

(c) Tunjukkin kalo kamu bisa melindunginya dari ancaman dari luar, misalnya orang yang suka mengganggu, masalah yang dihadapi cewekmu, dsb.

(d) Badanmu gak kekar? Jadilah sehat, jangan loyo apalagi penyakitan. Kalo lemes, mana bisa melindungi cewekmu?

(e) Jadilah cowok yang bisa jadi imam. Tunjukkin kalo kamu bisa lebih dewasa rohani. Jadi pria sejati, jangan manfaatin cewekmu. Hormati dia. Tunjukkin inisiatif kekudusan dari kamu, jangan malah diingetin terus ama cewekmu gara-gara kamu minta cium mulu! Malu dong. Entar kamu dianggap cowok yang gak bisa mengendaliin diri en gak bisa melindungi.

3. Cewek senang sama cowok setia
Bella: “I'm only afraid of losing you”. Edward: “... You don't know how long I've waited for you”.
Buat Bella, Edward adalah cowok berpotensi setia. Bahkan Bella rela menyerahkan jiwanya biar bisa selamanya bersama Edward. Kesetiaan itulah yang dicari Bella, ia kecewa dengan ayahnya yang meninggalkan ibunya. Waktu adegan di rumah sakit, Edward bilang akan meninggalkan Bella, Bella langsung gelagapan, takut dan marah, dia baru tenang ketika Edward akhirnya bilang gak akan meninggalkannya, “Where else am I gonna go?" (and then kisses her forehead). "...you are my life now"

Kesetiaan dan cintalah yang dicari cewek dari cowok. Kalo cewek menyadari kalo cowoknya setia, dia bakalan merasa sangat senang, merasa sangat spesial dan tersanjung. Makanya cewek biasanya pengen tau apakah dia cewek yang spesial en satu-satunya buat cowoknya atau nggak. Itu juga yang jadi penyebab cewek suka membongkar isi tas cowoknya (sadar or gak sadar), buat meyakinkan dia kalo cowoknya gak selingkuh.

Selain itu, perasaan dicinta yang terus menerus membuat perasaan cewek bahagia. Cowok yang kurang perhatian, jarang ketemu, sibuk, gak pernah ngomong sayang lagi, bisa ditanggapi salah oleh cewek, dianggapnya udah gak cinta lagi. Padahal mungkin si cowoknya nggak bermaksud seperti itu.

Jadi tipsnya:
(a) Kalo cewek kamu suka reflek memeriksa dompetmu, bacain emailmu, otak-atik inbox smsmu, bongkar tasmu, jangan tersinggung or merasa gak dipercaya atau dituduh selingkuh. Cewek melakukannya hanya untuk meyakinkan dirinya sendiri kalo dia satu-satunya, agar perasaannya lega. Biarkan dia menemukan foto dia di dompetmu, surat cinta dari dia di tasmu, jangan hapus sms sayang dari dia, dan buang foto mantanmu dari dompet!

(b) Sering-sering ucapin kata sayang atau romantis untuk menunjukkan cintamu padanya, biar dia merasa terus dicintai.

(c) Jangan bete or merasa gak dipercaya kalo cewekmu suka nanya: “Kamu sayang gak sama aku?”, mungkin dia hanya pengen perasaannya aman, tersanjung dan lagi pengen bahagia mendengar kalo cowoknya mencintai dan setia. Bukan karena gak percaya.

(d) Kenalkan dia sama keluarga kamu, dengan begitu dia bakalan merasa kamu cowok serius en setia lantaran berani mengajaknya bergabung ama keluargamu.

(e) Jangan malu mengungkapkan sayang di depan orang lain, asal jangan melanggar batas kekudusan en norma aja. Misalnya beli kaos yang berpasangan, bilang ‘say’ pas ada temen-temennya, pokoknya jangan sampe cewekmu ngerasa kamu malu sama dia, ngerasa gak dicintai en menganggapmu berpotensi gak setia.
(Fery! www.kacamata3d.blogspot.com)